Resep Kue Lidah Kucing Rainbow

Kue lidah kucing adalah sejenis kue kering yang berbentuk seperti lidah kucing, rasanya yang enak, gurih, dan renyah membuat kue yang satu ini banyak digemari di indonesia. Kue ini berasal dari Belanda dan masuk ke indonesia seiring dengan kolonisasi belanda di indonesia. Saat ini sudah banyak sekali orang yang berinovasi dengan kue ini agar kelihatan lebih menarik, salah satunya adalah dengan membuat Kue Lidah Kucing Rainbow, Berikut ini adalah cara dan bahannya....


Bahan Untuk Membuat Kue Lidah Kucing Rainbow :

  • Tepung terigu 200 gram (ayak)
  • Tepung maizena 50 gram (ayak)
  • Mentega100 gram
  • Margarin 150 gram
  • Putih telur 100 ml
  • Gula halus 200 gram
  • Vanili 1 sendok teh 
  • Pewarna makanan (merah, jingga, kuning, hijau, biru, ungu) / sesuai selera

Cara Membuat Kue Lidah Kucing Rainbow :
1. Siapkan mixer lalu masukkan mentega, gula pasir, dan margarin. Mixer dengan kecepatan sedang sampai lembut dan mengembang. Setelah itu masukkan secara perlahan-lahan putih telur dan vanila, mixer lg hingga semua adonan tercampur rata.
2. Campur tepung terigu dan tepung maizena yang sudah di ayak tadi lalu masukkan kedalam adonan yang sudah kita mixer td dan kita aduk lagi semua adonan sampai benar-benar tercampur rata.
3. Ambil mangkuk lalu bagi adonan tersebut menjadi 6 bagian sama rata. Kemudian masukkan 1 tetes pewarna makanan yang berbeda pada setiap mangkuk lalu aduk hingga benar-benar rata (jika ingin warna yang lebih pekat bisa tambahkan lagi pewarna makanan / sesuai selera).
4. Masukkan masing-masing adonan tersebut ke dalam sebuah wadah plastik berbentuk segitiga, lalu gunting ujungnya kurang lebih selebar 1 cm.
5. Siapkan loyang lalu olesi dengan mentega, ambil 1 adonan yang sudah di masukkan dalam plastik segitiga tadi lalu kita tekan agar adonan keluar sedikit, setelah itu ambil adonan dengan warna yang berbeda, tekan lagi dan susun dibawahnya hingga membentuk warna pelangi yang kita inginkan. Lakukan seperti itu sampe semua adonan habis.
6. Masukkan adonan yang telah berwarna seperti pelangi tersebut ke dalam oven hingga pinggiran kuenya kering dan berwarna kuning kecoklatan.
5. Angkat lalu dinginkan, dan jangan lupa masukkan ke dalam toples atau wadah kedap udara agar Kue Lidah Kucing Rainbow tetap renyah..

Mudah kan? selamat mencoba ;)
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: